Pesan Website

Cara Mengurangi Rasa Pahit Pada Kopi

Otten Magazine

SERING kita mendengar bahwa kopi haruslah hitam dan pahit. Atau jika tidak pahit maka itu bukanlah kopi yang nikmat. Sesungguhnya rasa pahit kopi bisa terjadi dari beberapa faktor. Pun tingkat kepahitan pada kopi juga bisa dikurangi karena memang ada formulanya. Jadi bagi kamu yang menyukai kopi tapi tidak terlalu suka dengan pahitnya yang maha dahsyat, jangan khawatir. Karena berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit pada kopi.

Temperatur Air
Banyak yang menyangka bahwa untuk menyeduh kopi diperlukan air mendidih atau air yang temperaturnya kira-kira lebih dari 100 derajat. Sesungguhnya hal ini tak melulu benar. Air yang temperaturnya terlalu panas akan menyebabkan rasa kopi yan kamu seduh akan menjadi semakin pahit. Semakin panas airnya, maka akan semakin pahit kopinya. Begitulah kira-kira teori sederhananya. Oleh karena itu, jika kamu hendak menyeduh kopi, kurangilah temperatur air. Kamu bisa menggunakan thermometer dan menggunakan air di temperature 85 – 90 derajat.



Gunakan Kopi yang Disangrai Light Roast
Pahit kopi datang dari proses roasting. Pada mulanya biji kopi tidaklah pahit. Ceri kopi (buah kopi) malah berasa manis dan green bean juga tidak ada unsur pahitnya. Rasa pahit muncul dari proses penyangraian. Nah, untuk kamu yang tak suka pahit, pilihlah biji kopi yang di-roasting pad level light atau at least light to medium. Jangan pilih biji kopi yang di-roastingpada level dark karena pastilah akan sangat pahit. Selain itu biji kopi yang disangrai terlalu gelap juga akan menghilangkan flavor dan notes yang memang ada pada karakter biji kopi tersebut.

angan Gunakan Kopi yang Digiling Terlalu Halus

Kecuali untuk espresso, itu lain cerita. Jika kamu menyeduh secara manual (tergantung metode yang digunakan), jangan menggunakan bubuk kopi yang digiling terlalu halus karena itu akan menyebabkan kopi akan semakin pahit. Sedangkan menggunakan bubuk kopi yang terlalu kasar, maka hasil kopi akan menjadi asam. Gunakan ukuran yang pas sesuai dengan metode yang digunakan. Jika salah memilih ukuran gilingan maka hasilnya akan salah pula.

Jangan Membiarkan Kopi Terlalu Lama
Jika kamu menyeduh kopi untuk lebih dari satu cangkir, maka sebaiknya kamu habiskan kopimu sesegera mungkin. Kenapa? Biasanya kopi yang didudukkan terlalu lama akan terus berektraksi dan menyebabkan rasanya berubah menjadi semakin pahit. Apalagi kamu menggunakan french press. Alat kopi yang satu ini memungkinkan menguah rasa kopi di cangkir kedua kamu karena terlalu lama didiamkan. Ada ampas kopi yang terus bekerja dan membuat rasa kopi berubah menjadi pahit.
Powered by Blogger.