Pesan Website

ATASI HIDUNG MAMPET


Kalian pernah kan merasakan hidung yang mampet, atau bahkan sampe meler tiba-tiba. Hahaha..
sumpah ya.. masalah Hidung mampet atau Flu ini kadang memang buat gengges banget, karena gue pun begitu. :(
bukan hanya aktivitas yang terganggu tidur pun terasa gak nyaman bahkan sampai sulit bernafas, ya..mau gak mau akternatifnya cuma nafas dari mulut. -___- #mirisyak
sudah berbagai cara si dilakukan, salah satunya melakukan uap ala-ala rumahan yang idenya dari nyokap gue, ditambah setetes minyak kayu putih yang semakin mantep pas diuap. Haha..

Dan ternyata ide sang nyokap bener juga. Terapi uap memang cara yang efektif dalam mengatasi hidung mampet atau pun gejala lain yang berhubungan dengan pernafasan.
Tekniknya seperti ini nih :
  • Sediakan air panas di sebuah baskom besar dan pastikan airnya tidak membuat kulit mu melepuh
  • Tambahkan 2-3 tetes minyak kayu putih ke dalam baskom.
  • Tempatkan kepala kamu tepat di atas baskom. Jangan terlalu dekat dengan air, kira-kira berjarang 30 cm diatasnya.
  • Sediakan handuk yang cukup besar untuk menutupi kepala kamu saat penguapan, usahakan agar tertutup rapat.

  • Usahakan juga kamu tetap bernafas stabil dengan mengambil nafas dalam-dalam namun lembut .
  • Nah..terkadang penguapan ini dapat membuat kamu kepanasan dan sesak karena tercampurnya minyak kayu putih. Maka dalam hal ini, kamu bisa memberikan ruang sedikit dengan membuka handuk agar memudahkan kamu untuk bernafas lebih stabil dan setelah kiranya nafas mu sudah stabil kembali, kamu bisa melanjutkannya sampai hidungmu mengeluarkan lendir.

selain itu, cara yang lain seperti ini mungkin juga bisa meringankan mampet kalian..

Makan Panas dan Pedas
Cara ini terbilang mudah, kamu hanya membutuhkan makanan seperti mie, sup, bakso, atau sejenisnya yang panas dan sedikit pedas. Karena makanan seperti itu dapat membantu membuat lendir yang ada di hidung mengalir.

Minuman Panas
Sama seperti tips sebelumnya, cara ini juga menggunakan air panas. Sediakan teh atau sejenisnya dengan air yang panas lalu minum dan sedikit rasakan uap hangatnya.

Tidur Menutup Hidung
Cobalah melakukan menutup hidung dengan cara memakai jacket yang tebal atau menggunakan slimut, tetapi jika tidak sedang tidur bisa menutup hidung dengan mulut. Biarkanlah terasa panas atau bahkan keringat kering. Karena dengan begitu mampet pada hidung akan mencair dan menjadi mudah bernafas.

Tidur dengan 2 bantal menumpuk
Hidung tersumbat sering kali menggangu istirahat di tengah malam, alhasil kamu tidak bisa tidur dimalam hari. Tetapi jangan sampai hal ini menggangu aktivitas pagi hari, mungkin sebelum beranjak tidur kamu bisa mengatasinya dengan menyediakan 2 bantal bertumpuk untuk mendapatkan posisi tidur setengah menunduk. Karena hal ini berguna agar pernafasan tidak tersumbat karena dampak adanya daya gravitasi dan dengan cara ini akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung.


Flu memang tak pernah pandang siapapun yang terkena, baik balita atau pun lansia, bahkan tak pernah kenal waktu entah itu setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali. Seolah penyakit ini sudah yang biasa terjadi, namun jika hal ini sering terjadi akan berdapak buruk pula bagi si penderita.
Hidung mampet bisa saja di sebabkan oleh :
  • Udara
  • Debu
  • Tingkat kelembapan yang rendah menyebabkan pembengkakan atau iritasi
  • Alergi pada benda-benda disekitar
  • bahkan yang lebih parah mungkin bisa menjadi sinusitis atau polip.

Hal yang penting untuk di pahami adalah bahwa pengobatan dirumah membantu meringankan dan meredakan gejala. Jika setelah berbagai terapi atau pengobatan di atas tidak membuahkan hasil, mungkin ada baiknya kamu segera periksa ke dokter, jangan sampai hal ini dibiarkan terlalu lama guna mencegah sinusitis dan polip.





Powered by Blogger.