Pesan Website

Aplikasi Terpenting untuk Para Pendaki

Anda suka mendaki gunung? Kegiatan ini sangat menyenangkan bila Anda memang hobi menikmati alam dari ketinggian. Melihat hutan hijau dan hembusan angin sepoi tentu tidak dapat tergantikan dengan apapun. Petualangan pergi ke gunung cukup menantang baik untuk mental maupun fisik. Namun kita perlu bersyukur karena hidup di jaman serba modern dimana semua peralatan pendakian semakin canggih dan teknologi pun membantu kita. Sebagai pendaki gunung, Anda membutuhkan perlengkapan yang tidak sedikit namun membuat pendakian nyaman untuk dilakukan. Untuk mewadahi jiwa petualang Anda, berikut adalah 5 aplikasi Android untuk para pendaki gunung yang wajib Anda punyai.

1. EveryTrail

Aplikasi Every Trail

Every Trail telah diunduh lebih dari jutaan orang di seluruh dunia yang menggemari hiking dan bersepeda ke gunung. Selain itu, Every Trail juga telah mendapat review positif dari banyak blogger adventure internasional. Menjelajahi pegunungan akan terbantu dengan hadirnya aplikasi ini diponsel Anda.
Baik pelari maupun pesepeda, aplikasi Android untuk para pendaki gunung bisa digunakan untuk melacak dan mapping jarak yang ditempuh – tak terkecuali Everytrail. Di database aplikasi ini, terdapat lebih dari 400 ribu perjalanan di seluruh dunia yang terekam. Jadi, bila Anda memang penjelajah dunia, Every Trail menawarkan kemudahan akses dan penunjuk lokasi untuk membuka peta trail yang harus dilalui. Aplikasi ini juga disinkron dengan website resminya yakni everytrail.com
Every Trail banyak mendapat pujian dari para hiker dunia karena keseriusannya menggarap sebuah app. selain update yang regular, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur penting seperti GPS tracking, serta real time tracking. Anda bisa melakukan eksplorasi tempat baru tanpa takut tersesat. Anda juga bisa mencari trip terdekat. Selain untuk pelari dan pesepeda, Every Trail juga bisa digunakan untuk berlayar, berkendara dan lain sebagainya.

2. Map My Hike

Aplikasi Map my hike


Map My Hike menjadi salah satu aplikasi android untuk para pendaki gunung karena kemampuannya merekam sesi pendakian yang Anda lakukan. Lewat app ini, Anda dapat merekam dan menyimpan data tersebut untuk digunakan lagi saat pendakian berikutnya. Selain gratis, aplikasi Android ini juga memakai GPS untuk tracking peta pendakian. Jadi Anda tak perlu mengingat-ingat jalan dan cukup fokus dengan jarak yang harus Anda tempuh. Map My Hike sudah merekam rute Anda. selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik seperti jumlah kalori yang terbakar saat melakukan perjalanan tersebut. Semuanya bisa di view dengan informasi grafis. Informasi ini juga bisa di share di leaderboard nantinya.
Map My Hike menawarkan dua versi aplikasi – gratis dan berbayar. Namun dengan aplikasi gratisan Anda sudah cukup memperoleh manfaat dari fitur-fiturnya. Untuk yang Pro, Anda akan mendapat tambahan audio track serta real time location sharing. Map My Hike sudah banyak di review di berbagai website internasional serta majalah luar negeri sebagai salah satu dari Best App yang wajib punya bagi para pendaki gunung. Selain Gear Tracker, ada lebih dari 600 workout yang bisa Anda pilih untuk menyesuaikan dengan pendakian. Ada komunitas pendaki yang bisa Anda ikuti supaya Anda pun jadi lebih bersemangat. Bila Anda suka tantangan, tersedia beberapa challenge yang bisa diikuti oleh semua pengguna. Jadi, bagi pemula maupun yang sudah senior, aplikasi ini menyediakan ratusan kelebihan yang wajib dipunyai.


3. First Aid

Aplikasi First Aid

Ada kalanya saat mendaki, terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan. First Aid merupakan aplikasi pertolongan pertama yang memberikan informasi dan tips untuk berbagai kondisi. Saat tertimpa musibah, terkadang kita tidak tahu apa yang harus dilakukan – apalagi kalau kita tengah melakukan pendakian yang jauh dari pemukiman penduduk. Untuk itulah First Aid hadir sebagai aplikasi android untuk para pendaki gunung dimana saja.
Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bersiap-siap dalam mengatasi suatu kesulitan bahkan saat keadaan bahaya sekalipun.  Misalkan, apa yang harus dilakukan saat terjadi patah tulang dan bagaimana mengatasi sesak asma saat perjalanan. Penyajiannya cukup baik dengan grafis dan gambar yang mudah dipraktekkan. Yang lebih menarik, konten yang ada dalam aplikasi first Aid ini sifatnya pre-loaded. Jadi meski smartphone tidak bisa menangkap sinyal, Anda masih bisa membuka informasi keselamatan kapan saja dimana saja. selain itu, ada juga kuis yang meungkinkan anda untuk mendapatkan badge dan memamerkan kebolehan Anda di leaderboard.

4. SAS Survival Guide

Aplikasi SAS Survival Guide

Survival guide – seperti namanya – aplikasi ini menunjukkan pada Anda bagaimana caranya agar bisa bertahan hidup saat berada di alam liar. Fiturnya menyediakan berbagai kondisi alam mulai dari laut, gunung, gurun maupun di perkotaan. Ada banyak tips yang bermanfaat untuk dipraktekkan apalagi tersedia video dan gambar yang mudah dipelajari. Versi lite bisa diunduh secara gratis bagi para pengguna Android. Namun versi yang berbayar menyediakan lebih banyak fitur lagi dibandingkan yang gratisan.
Memang guide dalam aplikasi ini tidak diperuntukkan sebagai latihan professional namun saat suasana genting, tips-tips aplikasi ini cukup memberikan bantuan saat dibutuhkan bahkan bisa menyelamatkan nyawa. Namun jangan bandingkan dengan latihan survival guide yang sudah bertahun-tahun lamanya yak arena SAS ini sifatnya pengetahuan umum.

5. Sky Map

Aplikasi Sky Map

Aplikasi Android untuk para pendaki gunung yang satu ini sangat menarik. Saat Anda bermalam di pegunungan, cukup arahkan kamera ke atas langit dan Sky Map akan menunjukkan pada Anda benda-benda apa saja yang Anda temukan. Memang bisa digunakan di perkotaan namun karena polusi udara yang tinggi, visualnya jadi kurang jelas. Lain halnya bila Anda memakainya di atas gunung, di alam liar dimana udara dan hawa masih bersih. Aplikasi ini cukup fun untuk digunakan saat Anda dilanda kebosanan menanti fajar di atas gunung. Terlebih bila Anda menyukai planetarium dan astronomi, Anda wajib mengunduh aplikasi ini di smartphone Android Anda.
Aplikasi Sky Map cukup mudah untuk digunakan. Arahkan kamera ke langit lalu ponsel akan scan objek-objek yang ada sesuai dengan lokasi. Aplikasi ini didukung oleh Google Sky Map yang memang ditujukan untuk keperluan edukasi.
5 aplikasi di atas sangat diperlukan bagi pendaki gunung. Apabila Anda berencana untuk melakukan petualangan di alam bebas, jangan lupa untuk membekali diri dengan perlengkapa serta teknologi yang sesuai.


Selamat berpetualang!


Via Zopini - 
Powered by Blogger.